Luka Merah Di Kelamin Pria

Luka Merah Di Kelamin Pria – Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Ada empat tahap penyakit: primer, sekunder, laten, dan tersier (juga dikenal sebagai neurosifilis). sifilis primer adalah tahap pertama dari penyakit. Hal ini menyebabkan satu atau lebih kecil, luka menyakitkan dalam atau di sekitar alat kelamin, anus, atau mulut.

Luka Merah Di Kelamin Pria

Jika Anda tidak mendapatkan pengobatan untuk tahap utama dari penyakit, mungkin maju ke tahap kedua, yaitu sifilis sekunder. Jika Anda tidak dirawat karena sifilis sekunder, penyakit kemungkinan akan maju ke tahap laten, dan bahkan dapat berlanjut ke tahap tersier.

Tahap sekunder sifilis dapat disembuhkan dengan pengobatan medis. Sangat penting untuk mendapatkan perawatan untuk mencegah penyakit maju ke tahap tersier, yang mungkin tidak dapat disembuhkan, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ Anda, serta demensia (kehilangan memori), kelumpuhan, atau bahkan kematian.

Sifilis disebabkan oleh spirochete (bakteri seperti cacing berbentuk spiral) yang disebut Treponema pallidum. Anda bisa mendapatkan bakteri dengan cara berikut:

  1. kontak langsung dengan luka sifilis (biasanya ditemukan pada vagina, anus, rektum, di mulut, atau di bibir)
  2. selama vagina, anal, atau oral seks dengan orang yang terinfeksi
  3. seorang ibu yang terinfeksi dapat lulus sifilis ke anaknya yang belum lahir, yang dapat
  4. mengakibatkan komplikasi serius atau bahkan kematian janin
  5. Tahap primer dan sekunder sifilis sangat menular. Beritahu pasangan seksual
  6. sebelumnya jika Anda didiagnosis dengan sifilis sehingga mereka dapat diuji untuk melihat apakah mereka memiliki penyakit.

Anda tidak dapat menangkap sifilis dari gagang pintu, kursi toilet, kolam renang, pakaian, bathtub, atau perak.

Ada korelasi yang tinggi antara sifilis dan HIV, karena HIV dapat ditularkan melalui luka sifilis. Karena perilaku yang menyebabkan penyebaran IMS adalah sama untuk kedua sifilis dan HIV, memiliki sifilis merupakan indikator bahwa Anda juga berisiko tertular HIV.

sifilis primer biasanya menyajikan dirinya sebagai sakit tunggal. sakit ini biasanya muncul tiga minggu setelah infeksi awal, tetapi bisa menunjukkan secepat 10 hari atau akhir 90 hari. sakit ini, disebut chancre, kecil, tegas, bulat, dan tanpa rasa sakit. Tampaknya di lokasi infeksi awal, biasanya mulut, anus, atau alat kelamin. Anda mungkin tidak menyadarinya. Diobati, menyembuhkan sakit awal dalam satu bulan atau lebih.

Jika Anda tidak menerima pengobatan selama penampilan awal ini gejala, bakteri yang menyebabkan STI ini akan menyebar melalui aliran darah Anda, dan Anda akan segera memiliki sifilis sekunder.

Gejala-gejala sifilis sekunder mengembangkan dua sampai delapan minggu setelah seseorang pertama terinfeksi dengan sifilis primer. Tahap sekunder biasanya ditandai dengan ruam nonitchy.

Ruam mungkin terbatas pada satu bagian tubuh Anda, atau bisa tersebar di beberapa bagian. Munculnya ruam bervariasi. Salah satu manifestasi umum kasar, bintik-bintik coklat kemerahan pada bagian bawah kaki Anda dan di telapak tangan Anda. Biasanya, ruam terasa bersisik, tetapi juga bisa menjadi lancar. Kadang-kadang, ruam tampak seperti salah satu yang disebabkan oleh penyakit lain, membuat diagnosis lebih sulit. Ini juga mungkin begitu samar bahwa hal itu diabaikan.

Untuk mendiagnosis sifilis sekunder, dokter Anda akan ingin melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda. Jika Anda memiliki luka, dokter mungkin menggunakan mikroskop untuk memeriksa bahan diambil dari luka Anda. Bakteri sifilis akan muncul di bawah mikroskop – teknik ini dikenal sebagai darkfield mikroskop.

Pengujian darah Anda dengan plasma cepat kembali (RPR) uji juga merupakan cara yang dapat diandalkan, murah untuk dokter Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki sifilis. Tubuh Anda membuat antibodi, protein yang mencoba untuk melawan infeksi, dalam menanggapi infeksi dan penyerbu asing. Jika tes darah menunjukkan antibodi sifilis ini, maka Anda telah terinfeksi sifilis. Tes RPR penting bagi wanita hamil untuk melakukan, seperti sifilis yang tidak terdiagnosis dapat diteruskan kepada anak yang belum lahir Anda, dan bisa untuk bayi yang mengancam jiwa.

Sifilis tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan over-the-counter atau pengobatan rumah. Jika itu tertangkap cukup awal, namun, Anda hanya perlu satu injeksi penisilin. Jika Anda sudah memiliki IMS untuk jangka waktu yang lama, beberapa dosis akan diperlukan.

Orang dengan alergi penisilin dapat menggunakan antibiotik lain, seperti doxycycline atau tetrasiklin. Penisilin adalah obat terbaik jika Anda sedang hamil, namun, karena antibiotik lainnya dapat membahayakan bayi Anda berkembang atau gagal untuk melindungi mereka dari sifilis.

Antibiotik akan membunuh bakteri sifilis dan menghentikannya dari lebih merusak tubuh Anda. antibiotik yang umum digunakan meliputi:

  1. benzatin penisilin G
  2. doxycycline
  3. tetrasiklin
  4. Namun, antibiotik tidak dapat memperbaiki kerusakan yang telah terjadi.

Jika Anda menerima pengobatan untuk sifilis, tidak berhubungan seks sampai luka Anda sembuh sepenuhnya dan Anda telah menyelesaikan kursus penuh pengobatan antibiotik. Biarkan pasangan seksual Anda tahu tentang kondisi Anda sehingga mereka juga bisa mendapatkan bantuan dan menghindari penyebaran infeksi.

Artikel terkait :

Obat Sipilis

Obat Sipilis di Apotik

Advertisements
This entry was posted in Artikel Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s